Pengertian Ilmu Voip ialah ilmu yang mempelajari mengenai teknologi call center yang banyak digunakan oleh perusahaan agar lebih efisien dalam memberikan layanan pengaduan, informasi kepada konsumen.
Berikut ini adalah alat-alat VOIP yang dibutuhkan untuk membuat sebuah teknologi VOIP beserta fungsinya:
1. HEADSET
Fungsinya untuk user berbicara dan mendengar suara pada saat sedang proses menelpon.
Untuk headset sendiri ada beberapa jenis berdasarkan ukurannya, yaitu:
Atau yang biasanya disebut juga sebagai box recording. Fungsi alat ini ialah untuk merekam percakapan antara user dengan customer.
Berikut ini ada beberapa kabel yang harus diperhatikan, diantaranya:
- Kabel DB9 fungsinya untuk menghubungkan pc dengan box agar box dapat merekam
- Kabel USB untuk memberikan catu daya/ power pada box agar menyala
- Kabel Line Telepon untuk mengirim sinyal DTMF dari box ke PABX
- Kabel Loudspeaker dan Microphone untuk mengirim sinyal dari pc ke box.
3. FXO (Foreign Exchange Office)
Untuk mengkonversikan line analog menjadi IP yang digunakan oleh user untuk melakukan proses menelepon.
Untuk rekomendasi produk, gunakan yang bermerek wellgate 8 port.
4. FXS (Foreign Exchange Subscriber)
Untuk mengkonversi IP menjadi line analog.
5. FWT (Fixed Wireless Terminal)
Untuk mengkonversi kartu GSM/CDMA menjadi line analog telepon.
6. SMS Gateway
Untuk melakukan proses pengiriman sms dengan menggunakan aplikasi tanpa menggunakan handphone, yang aplikasi tersebut dapat kita setting sendiri secara manual.
Berikut aplikasi tersebut:
- Exchange = penghubung antara gateway dengan aplikasi.
- Gateway = penghubung antara exchange dengan sms gateway.
7. PABX
Melakukan fungsi switching antara line telepon PSTN ke extension user.
Didalam PABX terdapat COT dan ALC, dimana perbedaannya jika COT dapat langsung menelepon secara langsung ke HP akan (direct) namun bila ALC tidak dapat digunakan untuk menelpon langsung ke Hp (non direct).
Untuk rekomendasi produk, antara lain:
8. MDF
Mdf terdiri dari beberapa LSA dimana 1 LSA = 10 Peer.